Laporan Akhir 2 Modul 1
(Percobaan 2)
1. Rangkai komponen sesuai percobaan dan kondisi yang dipilih.
2. Buat program menggunakan Arduino IDE.
3. Compile program yang telah dibuat lalu Upload ke dalam Arduino Uno.
4. Uji coba program pada rangkaian percobaan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.
5. Selesai
2. Hardware dan Diagram Blok
[Kembali]
Hardware :
1. Arduino
2. Keypad
3. 7-Segment 2 Digit
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
[Kembali]
Rangkaian Simulasi :
Prinsip Kerja :
Pada rangkaian diatas, digunakan push button yang diatur seperti keypad 4x4 sebagai input untuk memasukkan angka. Push button tersebut tersusun dalam matriks 4 baris dan 4 kolom. Push button tersebut dihubungkan ke arduino dengan konfigurasi; baris keypad dihubungkan ke pin A4, A3, A2, A1 dan kolom keypad dihubungkan ke pin 10, 11, 12, 13. Kemudian output dari arduino berupa 7-segment common anoda 2 digit dihubungkan ke pin 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2 pada arduino
Ketika salah satu push button ditekan, Mikrokontroler akan memindai setiap baris secara bergantian untuk mendeteksi push button yang ditekan, dan setelah baris yang ditekan teridentifikasi, mikrokontroler memindai setiap kolom untuk mengetahui push button mana yang ditekan dalam baris tersebut. Dengan informasi tersebut, mikrokontroler dapat mengonversi posisi push button yang ditekan menjadi angka yang sesuai dengan inputan yang ditekan pada keypad. misal button yang ditekan yaitu button angka 1 pada keypad, maka akan muncul angka 1 pada layar 7-segment
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Flowchart :
Listing Program :
Listing Program :
// Memasukkan library Keypad untuk memudahkan interaksi dengan keypad
#include <Keypad.h>
// Mendefinisikan jumlah baris dan kolom pada keypad
const byte ROWS = 4; // Empat baris
const byte COLS = 4; // Empat kolom
// Mendefinisikan tata letak tombol pada keypad
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'},
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#','D'}
};
// Menetapkan pin yang terhubung ke baris dan kolom pada keypad
byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Pin baris terhubung ke A4, A3, A2, A1
byte colPins[COLS] = {10, 11, 12, 13}; // Pin kolom terhubung ke 10, 11, 12, 13
// Membuat objek keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
// Mendefinisikan pin yang terhubung ke segmen-segmen pada seven-segment display
const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2};
// Fungsi setup, dijalankan sekali saat sketch dimulai
void setup() {
// Mengatur pin segmen sebagai output
for (int i = 0; i < 8; i++) {
pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
}
}
// Fungsi loop, dijalankan berulang setelah setup
void loop() {
// Mendapatkan tombol yang ditekan
char key = keypad.getKey();
// Jika ada tombol yang ditekan
if (key) {
// Menampilkan karakter pada seven-segment display
displayCharacter(key);
// Menunggu selama 1 detik
delay(1000);
// Membersihkan display
clearDisplay();
}
}
// Fungsi untuk menampilkan karakter pada seven-segment display
void displayCharacter(char ch) {
// Pola segmen untuk menampilkan karakter
byte patterns[][9] = {
// Definisi pola segmen untuk setiap karakter yang bisa ditampilkan
};
// Cek apakah karakter merupakan angka atau huruf yang valid
if ((ch >= '0' && ch <= '9') || (ch >= 'A' && ch <= 'D')) {
// Menghitung index berdasarkan karakter
int index = (ch <= '9') ? (ch - '0') : (ch - 'A' + 10);
// Menyalakan segmen yang sesuai untuk menampilkan karakter
for (int i = 0; i < 7; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]);
}
}
}
// Fungsi untuk membersihkan display
void clearDisplay() {
// Mematikan semua segmen
for (int i = 0; i < 8; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], HIGH);
}
}
5. Kondisi[Kembali]
Percobaan 2 Sesuai Modul
6. Video Demo[Kembali]
HTML klik disini
Video Percobaan klik disini
Listing Program klik disini
Datasheet arduino klik disini
Datasheet keypad klik disini
Datasheet 7-Segment klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar