Percobaan 3
Komunikasi I2C Menggunakan Arduino
1. Rangkai komponen sesuai percobaan dan kondisi yang dipilih.
2. Buat program menggunakan Arduino IDE.
3. Compile program yang telah dibuat lalu Upload ke dalam Arduino Uno.
4. Uji coba program pada rangkaian percobaan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.
5. Selesai
2. Hardware dan Diagram Blok
[Kembali]
Hardware:
1.Arduino Uno
2.Keypad
3.LCD 16x2
Diagram Blok:
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
[Kembali]
Rangkaian Simulasi :
Percobaa3 merupakaian komunikasi antar arduino dengan komunikasi I2C. pada rangkaian ini terdapat 2 arduino yang mana satu arduino bnerfungsi sebagai master yang akan memberi perintah sedangkan arduino yang lain sebagai slave atau penerima perintah/pengekesekusi perintah. pada rangkaian ini, input dari sistem berasal dari keypad yang dihubungkan ke pin arduino master. untuk outputnya berupa LCD 16x2 yang dihubungkan dengan pin arduino slave. Ketika tombol pada keypad kita tekan, maka output yang dihasilkan berupa tampilan dari karakter yang sesuai dengan tombol yang kita tekan pada layar LCD. misal kita menekan angka 1 di keypad, maka layar lcd akan menampilkan angka 1 dan seterusnya.
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Flowchart :
Master
Slave
ListingProgram :
Master
// Memasukkan library yang dibutuhkan
#include <Keypad.h>
#include <Wire.h>
// Mendefinisikan jumlah baris dan kolom pada keypad
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
// Membuat array yang berisi karakter-karakter pada keypad
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'}, // Baris pertama pada keypad
{'4', '5', '6'}, // Baris kedua pada keypad
{'7', '8', '9'}, // Baris ketiga pada keypad
{'*', '0', '#'}, // Baris keempat pada keypad
};
// Mendefinisikan pin-pin untuk baris pada Arduino
char rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
// Mendefinisikan pin-pin untuk kolom pada Arduino
char colPins[COLS] = {5, 4, 3};
// Inisialisasi objek Keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Wire.begin(); // Bergabung dengan bus I2C sebagai master
}
void loop(){
char key = keypad.getKey(); // Mendapatkan tombol yang ditekan
if (key) { // Jika ada tombol yang ditekan
Wire.beginTransmission(4); // Mulai transmisi ke perangkat dengan alamat I2C #4
Wire.write(key); // Mengirim karakter tombol yang ditekan
Wire.endTransmission(); // Mengakhiri transmisi
}
}
Slave
// Memasukkan library yang dibutuhkan untuk LCD dan komunikasi I2C
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Wire.h>
// Inisialisasi objek LiquidCrystal dengan pin-pin yang terhubung ke LCD
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Sesuaikan pin sesuai dengan koneksi LCD
void setup()
{
lcd.begin(16, 2); // Menginisialisasi LCD dengan ukuran 16 kolom dan 2 baris
Wire.begin(4); // Bergabung dengan bus I2C dengan alamat #4 sebagai slave
Wire.onReceive(receiveEvent); // Mendaftarkan fungsi receiveEvent sebagai event handler ketika data diterima
Serial.begin(9600); // Memulai komunikasi serial untuk output
}
void loop()
{
delay(100); // Loop utama hanya memiliki delay, pemrosesan dilakukan di receiveEvent
}
// Fungsi yang dijalankan setiap kali data diterima dari master
void receiveEvent(int howMany)
{
char c = Wire.read(); // Menerima byte sebagai karakter
Serial.println(c); // Mencetak karakter ke serial monitor
lcd.clear(); // Membersihkan layar LCD
lcd.setCursor(0, 0); // Menyetel kursor ke posisi awal
lcd.print(c); // Menampilkan karakter pada LCD
delay(100); // Delay untuk stabilitas
}
6. Kondisi
[Kembali]
Percobaan 3 ( Komunikasi I2C Menggunakan Arduino - rangkaian sesuai dengan modul)
Datasheet Keypad klik disini
Datasheet LCD 16x2 klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar